Menu Tutup

Prinsip Parenting Untuk Membentuk Karakter Positif Anak

Anak merupakan sebuah kertas putih yang kosong dan bisa kita hias dengan coretan atay tulisan. Tulisan itu bisa membuat kertas jadi sangat indah atau bahkan sebaliknya. Semua tergantung kita sebagai orang tua. Pola asuh yang bagus bisa membantu mereka menumbuhkan rasa peduli, jujur, mandiri, dan lain – lain. Cara asuh yang bagus juga bisa mendukung kecerdasan dan melindungi mereka dari rasa depresi, cemas, penyalahgunaan narkoba atau alkohol, dan lain – lain. Prinsip utamanya adalah mendidik serta membesarkan mereka dengan penuh kasih sayang, membimbing, serta mendukung mereka. Nah, di bawah ini ada prinsip dasar parenting yang harus kamu tau.

1.Tumbuhkan Sifat Mandiri

Tumbuhkan Sifat Mandiri

Melatih mereka agar mandiri bisa ditanamkan dengan berikan mereka kesempata, kepercayaan, serta apresiasi. Saat memasuki usia remaja biasanya orang tua juga akan mendukung serta membantu anak menyelesaikan masalah pribadinya, yaitu dengan berdiskusi serta mengarahkan pikiran anak untuk mengambil sikap paling baik.

2.Jadi Panutan

Jadi Panutan

Anak biasanya akan mengikuti apa yang orang tua mereka lakukan. Itulah kenapa jadi panutan yang baik untuk mereka merupakan salah satu cara mendidik anak yang penting dilakukan oleh semua orang tua. Saat kalian mau menanamkan karakter yang positif pada anak, berikan mereka contoh dan tunjukkan bagaimana caranya.

3.Luangkan Waktu

Luangkan Waktu

Anak – anak yang tak dapat perhatian dari orang tuanya bisa saja melakukan tindakan yang tak baik atau berkelakuan buruk. Mereka juga biasanya akan melakukan hal itu demi mendapat perhatian dari orang tua. Nah, sesibuk apapun kalian, luangkanlah waktu agar bisa terlibat ke dalam kehidupannya. Tapi, bukan berarti semua hal harus kalian terlibat ya, tetap berikan mereka privasi juga.

4.Peraturan di Rumah

Peraturan di Rumah

Menerapkan aturan di rumah juga bisa membantu anak kalian agar belajar mengendalikan diri serta membedakan mana perilaku yang baik dan mana yang buruk. Saat membuat aturan, jelaskan juga alasan kenapa peraturan itu dibuat. Pastikan kalian selalu konsisten dengan menerapkan aturan yang kalian buat. Kalau tidak konsisten maka mereka akan bingung dan akan meremehkan peraturan.

5.Jangan Terlalu Dimanja

Jangan Terlalu Dimanja

Menjadi orang tua mungkin tak sadar kalau kita selama ini selalu menuruti kemauan sang buah hati. Nah, jangan sampai kalian punya kebiasaan seperti itu ya. Kalian harus memberikan mereka pembelajaran juga agar tak terlaly manja. Misal, jangan turuti kemauan mereka saat mereka menangis karena menolak saat mau di didik. Mengajari disiplin pada mereka juga adalah salah satu bentuk kasih sayang loh. Tapi, jangan diajari dengan dimarahi atau bahkan dipukul ya. Cobalah tegur dengan lembut dan berikan pemahaman.

Itulah beberapa parenting mendasar yang harus kalian tahu. Semoga bermanfaat.